wartabepe online

Media Informasi Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang versi Web Blog (WartaBePe Online)
Penanggung Jawab : Kajur JBP - Redaksi : Arifin Noor S, Mining W, C. Yudha P, Adi Y, Heri S, Wigati, A. Rochim -
Desain Grafis : C. Yudha P

Selasa, 25 Agustus 2009

Pertanian Organik

Kesadaran terhadap arti pentingnya kelestarian lingkungan dan pola hidup yang lebih sehat menjadi salah satu alasan berkembangnya model pertanian selaras alam atau lebih dikenal dengan nama pertanian organik.

Di sini potensi sumber daya alam tidak lagi sekedar menjadi obyek eksploatasi dalam proses usaha tani, tetapi lebih dari itu seluruh sumberdaya alam dimaknai sebagai aset yang berdimensi waktu jauh ke depan. Artinya, seluruh sumber daya pendukung sistem usahatani dihargai sebagai aset yang harus dipelihara dan dijaga kelestariannya.

Model pertanian organik menempatkan sumberdaya alam sebagai aset yang harus ‘hidup’ dan berkembang. Oleh karena itu cara bertani yang dikembangkan cenderung lebih selaras dengan alam, menjaga harmoni dengan seluruh tatanan sosial ekonomi sekitar, melestarikan dan memelihara keragaman hayati serta menghargai potensi dan kekhasan lokal. Selengkapnya klik disini

Tidak ada komentar: