wartabepe online

Media Informasi Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang versi Web Blog (WartaBePe Online)
Penanggung Jawab : Kajur JBP - Redaksi : Arifin Noor S, Mining W, C. Yudha P, Adi Y, Heri S, Wigati, A. Rochim -
Desain Grafis : C. Yudha P

Selasa, 12 Januari 2010

Prof.Dr.Ir. Yogi Sugito Menang Mutlak


Calon rektor incumbent Prof.Dr.Ir. Yogi Sugito memperoleh kemenangan mutlak pada proses pemilihan di tingkatan senat. Dalam acara pemilihan yang digelar di gedung Widyaloka UB, Selasa (12/01), ia memperoleh 124 suara atau 86,11 %, unggul jauh dari pesaing terdekatnya, Prof.Dr Sutiman B. Sumitro dengan 19 suara (13,19 %).
Sementara itu dua bakal calon lainnya Prof.Dr.Ir.Woro Busono,MS dan Prof.Dr.M.Pudjihardjo,SE,ME masing-masing memperoleh 1 (0,69 %) dan 0 suara (0%). Pemilihan rektor kali ini dihadiri oleh 144 (93,5 %) senat dari 154 anggota yang seharusnya ada. Dengan demikian, tiga calon yang namanya akan diajukan ke Mendiknas 15 Januari mendatang adalah Prof.Dr.Ir. Yogi Sugito, Prof.Dr Sutiman B. Sumitro, dan Prof.Dr.Ir.Woro Busono,MS.
Menanggapi kemenangannya, Prof.Dr.Ir. Yogi Sugito mengungkapkan kegembiraannya. "Saya bersyukur, senang, atas semua kekompakan dari seluruh fakultas, jurusan, dosen-dosen yang ada. Ini wujud kebersamaan kita", tuturnya. "Sejak saya menjabat, memang kebersamaan kita luar biasa. Itu juga yang membantu mewujudkan prestasi-prestasi yang sangat membanggakan selama ini", lanjutnya.
Ditanya mengenai program kerja yang akan dikerjakannya, ia menjawab akan segera berkonsentrasi mempersiapkan Badan Hukum Pendidikan Tinggi Pemerintah (BHPP). BHPP memang menjadi salah satu isu utama dalam pemilihan rektor baru tahun ini mengingat saat ini UB sudah menjadi Badan Layanan Umum (BLU) dan harus segera beralih status.
"Selanjutnya tentu melanjutkan program internasionalisasi universitas", ungkapnya. Ia mengaku akan terus berupaya memperluas kerjasama-kerjasama dengan institusi-institusi perguruan tinggi di luar negeri.
Dalam empat tahun kedua masa jabatannya, Prof.Dr.Ir. Yogi Sugito juga akan berupaya memulai pembangunan cabang kampus di Jakarta dan Kediri. Ia mengaku di Kediri, UB telah memiliki lahan untuk dibangun universitas dan calon mahasiswanya pun sudah lumayan banyak.
Kontrak Komitmen
Sementara itu, seusai pemilihan, salah seorang perwakilan mahasiswa dari EM UB, Aulyo menyampaikan kontrak komitmen untuk ditandatangani Prof.Dr.Ir. Yogi Sugito. Beberapa poin yang ada dalam kontrak komitmen tersebut adalah tentang BHPP dan praktik-praktik KKN.
Menurut mahasiswa, BHPP tidak boleh dipandang sebagai satu-satunya cara untuk membangun kemandirian universitas hingga universitas terjerumus dalam praktik komersialisasi. Selain itu, rektor terpilih ke depan harus lebih memberi perhatian terhadap upaya pembersihan praktik-praktik Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme di dunia pendidikan. [fjr]

Tidak ada komentar: