wartabepe online

Media Informasi Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang versi Web Blog (WartaBePe Online)
Penanggung Jawab : Kajur JBP - Redaksi : Arifin Noor S, Mining W, C. Yudha P, Adi Y, Heri S, Wigati, A. Rochim -
Desain Grafis : C. Yudha P

Selasa, 05 Januari 2010

Dies Natalis UB ke-47: A Leading of World Class Entrepreneurial University

Universitas Brawijaya (UB) memasuki usia 47. Rektor UB Prof Dr Ir Yogi Sugito memimpin Rapat Terbuka Senat UB dan Orasi Ilmiah yang berlangsung di Gedung Samantha Krida UB. Sebuah perayaan sederhana namun sarat makna, dirayakan oleh universitas dengan usia yang bisa dikatakan relatif muda bila dibandingkan dengan universitas lain yang telah berdiri ratusan tahun itu. Perayaan dihadiri oleh kalangan dosen, mahasiswa, staf administrasi, para pejabat sipil, TNI dan Polri.
Program utama
Pada kesempatan itu Rektor UB menyampaikan Laporan Program Kerja Rektor Tahun 2009. Disampaikan tiga pilar strategi pengembangan UB untuk mencapai visi yaitu manajemen yang sempurna, infrastrukstur yang bermutu tinggi serta sumberdaya manusia yang profesional dan produktif. Program utama UB tahun 2008-2009 terdiri dari dua belas program yang meliputi perubahan status UB, penataan organisasi dan manajemen, entrepreneurial university, internasionalisasi, pendidikan, penelitian, sumber daya manusia, keuangan, kemahasiswaan, prasarana dan sarana, penataan aset, teknologi informasi serta kesejahteraan.
Capaian
Beberapa hal yang perlu dicermati adalah berbagai capaian yang telah diraih antara lain, perolehan akreditasi A; perolehan gelar juara umum PIMNAS 2008 dan 2009; peningkatan manajemen berbasis teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan entrepreneurship education yang berlandaskan kepada Kurikulum Berbasis Kompetensi, process based learning dan student centered learning; penguatan double degree untuk program magister dan doktor melalui kerjasama dengan perguruan tinggi di Thailand, Jepang, Belanda dan Australia; pengembangan perpustakaan yang berstandar internasional; perolehan sertifikasi ISO 9001:2008 untuk PJM, BAAK dan Humas; penerapan spp proposional; peningkatan perolehan paten; peningkatan jenjang akademik dosen; pembenahan lingkungan kampus; sertifikasi tanah UB; serta peningkatan kesejahteraan dosen dan staf administrasi.
Rektor juga menyampaikan, UB tengah menuju a leading of world class entrepreneurial university. Entrepreneurial University merupakan perwujudan visi dan misi untuk menghasilkan lulusan yang mandiri dan berjiwa pelopor. Dan sasaran yang ingin dicapai adalah sistem universitas yang sehat dan mandiri dalam keuangan dan kebijakan pengembangan dengan lulusan yang berjiwa entrepreneur.[nun]

Tidak ada komentar: