wartabepe online

Media Informasi Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang versi Web Blog (WartaBePe Online)
Penanggung Jawab : Kajur JBP - Redaksi : Arifin Noor S, Mining W, C. Yudha P, Adi Y, Heri S, Wigati, A. Rochim -
Desain Grafis : C. Yudha P

Kamis, 07 Januari 2010

Pemilihan Rektor UB 2010-2014

Kamis (7/1) ini, sivitas akademika Universitas Brawijaya (UB) melangsungkan pesta demokrasi untuk memilih Rektor periode 2010/2014. Sekitar 1948 pemilih diperkirakan akan membanjiri 14 tempat pemungutan suara yang berada di tiap-tiap fakultas/program serta kantor pusat. Pemilihan akan dilangsungkan selama 5 (lima) jam, mulai 08.00-13.00 WIB yang dilanjutkan dengan penghitungan suara.
Di Fakultas Pertanian, tempat salah satu calon Rektor yaitu Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito memilih, panitia telah mempersiapkan tempat pemungutan suara sehari sebelumnya. Sebanyak 154 pemilih diperkirakan akan menyampaikan aspirasinya yang meliputi 15 wakil mahasiswa, 5 perwakilan karyawan serta 134 dosen. Sekitar pukul 09.30 WIB, Prof. Yogi mendatangi tempat suara dengan disambut alunan tembang kebo giro. Yang menarik, disampaikan Ketua Panitia Penjaringan dan Pertimbangan Calon Rektor (PPCR), pemungutan suara Fakultas Pertanian, Ir. Suwasono Heddy, MSi, disediakan makan siang dan door prize bagi para pemilih. Menurut rencana door prize akan diundi siang nanti seusai penghitungan suara.
Sementara itu, di FMIPA sebanyak 170 pemilih diperkirakan akan mendatangi tempat suara yang terdiri atas 13 perwakilan mahasiswa, 6 perwakilan karyawan dan 151 dosen. Diwawancarai disela-sela pemungutan suara, Dekan FMIPA, Dr. Mardjono, M.Phil menyatakan senang ada warga FMIPA yang mencalonkan diri menjadi Rektor yaitu. Prof. Dr. Sutiman Bambang Sumitro. Menurutnya, ini merupakan kali kedua Prof. Sutiman mencalonkan diri setelah pada 2002 kalah oleh Prof. Dr. Ir. Bambang Guritno. Selain itu, pencalonan Prof. Sutiman kali ini juga merupakan kali kedua adanya perwakilan Rektor dari FMIPA setelah Prof. Hasyim Baisoeni. "Bagaimanapun pemilihan Rektor kali ini sepenuhnya diserahkan kepada para pemilih dalam menyampaikan aspirasinya. Siapapun yang terpilih nantinya merupakan pimpinan di tingkat universitas" ujar Dekan. Kepada Rektor yang terpilih, Dr. Mardjono berharap agar menyadari bahwa FMIPA yang menaungi keilmuan dasar akan dibutuhkan oleh setiap fakultas.

Pemilihan
Di Fakultas Teknik sebanyak 260 orang memiliki hak suara. Jumlah ini terdiri dari 240 dosen PNS dan CPNS, lima karyawan, dan 15 mahasiswa. Sampai tanggal 10.30 WIB tercatat 117 partisipan yang telah menggunakan hak pilihnya. Pemilihan di buka jam 09.00 WIB oleh panitia PPCR Fakultas Teknik.
Sedangkan di Fakultas Hukum tempat pemilihan dibuka jam 08.00 WIB dengan jumlah pemilih total 119 suara yang terdiri dari 95 dosen, 5 karyawan, dan 9 mahasiswa."Pelaksanaan disini adem ayem saja", Endang Susitioningsih, S.Sos, sekretaris panitia penjaringan fakultas Hukum menuturkan.
Selain di fakultas-fakultas, PPCR 2010-2014 juga dibuka di Kantor Pusat. Total jumlah suara yang terdaftar di Kantor Pusat berjumlah 54 struktural dan 33 mahasiswa. Dari jumlah tersebut hingga pukul 11.00 WIB, 52 struktural dan 10 mahasiswa telah mencontreng. Ketua Panitia PPCR Kantor Pusat, Dra. Ristika MM menuturkan, "pelaksanaan pilrek kali ini aman dan tenang. Tampaknya semua sudah memahami sehingga pesta demokrasi pemilihan rektor bisa berjalan dengan baik".(brawijaya.ac.id)

Tidak ada komentar: