wartabepe online

Media Informasi Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang versi Web Blog (WartaBePe Online)
Penanggung Jawab : Kajur JBP - Redaksi : Arifin Noor S, Mining W, C. Yudha P, Adi Y, Heri S, Wigati, A. Rochim -
Desain Grafis : C. Yudha P

Minggu, 20 Juni 2010

Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito Dilantik Sebagai Rektor UB 2010-2014

Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA melantik Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito sebagai Rektor Universitas Brawijaya (UB) periode 2010-2014. Dihadapan Senat, Pejabat di lingkungan UB serta Muspida (Musyawarah Pimpinan Daerah), upacara pelantikan dilangsungkan pada Sabtu (19/6) di gedung Student Centre. Dalam sambutannya, secara khusus Mendiknas menyampaikan beberapa catatan kepada Rektor yang baru dilantik. Beberapa catatan tersebut adalah peningkatan kualifikasi dan kompetensi dosen serta memperkuat keberadaan pusat kajian unggulan. "Dari 1500 dosen yang dimiliki UB, baru 25 persen diantaranya yang bergelar doktor dan 12 persen saja yang sudah Guru Besar", ungkap Menteri. Karena itu, Mendiknas secara khusus menekankan perlunya dorongan dan kesempatan bagi dosen untuk menunaikan tugas belajar. "Kualitas perguruan tinggi sangat ditentukan oleh kualitas dosen, sementara kualitas dosen sangat ditentukan oleh track record akademiknya selama kuliah sehingga studi lanjut perlu menjadi prioritas", tambahnya.
Penguatan keberadaan pusat kajian di perguruan tinggi merupakan pesan khusus Presiden Republik Indonesia kepada Mendiknas. Hal ini, menurutnya dilatarbelakangi sedikitnya jumlah pemikir yang independen dan tidak terkooptasi politik praktis, yang mampu memberikan pandangan besar kepada bangsa. "Hampir seluruh pusat studi non-perguruan tinggi merupakan sayap partai politik sehingga mereka lebih banyak memuat kepentingan partai politik", ujar Menteri. Mensitir pernyataan Presiden Yudhoyono, ia pun berucap "Tolong dikembangkan pusat-pusat kajian di perguruan tinggi, karena pada umumnya perguruan tinggi memiliki umur lebih panjang dan lebih istiqomah daripada partai politik". Catatan lain yang juga disampaikan Menteri kepada Rektor terlantik adalah perlunya memberi kesempatan lebih besar kepada putera/puteri terbaik bangsa untuk masuk ke UB, terutama bagi mereka yang kemampuan akademiknya bagus tetapi tidak diimbangi kemampuan ekonomi. Pesan ini, diyakini Mendiknas akan ditunaikan oleh UB yang masih memegang erat nilai-nilai kerakyatan dan kebangsaan.
Catatan terakhir yang juga disampaikan Mendiknas adalah perlunya integrasi antara perguruan tinggi dengan jenjang pendidikan sebelumnya seperti SMU/SMK. "Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang menilai adanya separasi, keterputusan dan disparitas antar jenjang pendidikan", tandas Menteri.
Rekor MURI
Disela-sela acara tasyakuran yang digelar di gedung Samantha Krida usai pelantikan, Rektor UB Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito menerima anugerah pemecahan rekor oleh Museum Rekor Indonesia (MURI). Perwakilan MURI yang hadir dalam kesempatan tersebut adalah Paulus Pangka. Penghargaan yang disampaikan langsung oleh Mendiknas tersebut merupakan pemecahan rekor atas perstasi Rektor Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito yang Menjabat Terus Menerus Secara Berjenjang Mulai Ketua Program Diploma Hingga Rektor Melalui Pemilihan di Perguruan Tinggi Negeri. Secara berturut-turut mulai tahun 1984-2014, Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito tercatat selalu menjabat selama dua periode untuk jabatan Ketua Program Diploma Perkebunan Fakultas Pertanian, Pembantu Dekan I Fakultas Pertanian, Dekan Fakultas Pertanian, Pembantu Rektor I Bidang Akademik serta Rektor UB. [diunduh dari www.ub.ac.id)

Tidak ada komentar: