wartabepe online

Media Informasi Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang versi Web Blog (WartaBePe Online)
Penanggung Jawab : Kajur JBP - Redaksi : Arifin Noor S, Mining W, C. Yudha P, Adi Y, Heri S, Wigati, A. Rochim -
Desain Grafis : C. Yudha P

Senin, 23 November 2009

Hama dan Penyakit Penting Tanaman Pepaya


Serangan hama kutu putih pada tanaman pepaya yang dialami petani Boyolali (Kompas 26/10), sering kali dapat menimbulkan kerugian yang serius. Bahkan serangan hama tersebut menyebabkan separoh lebih populasi tanaman pepaya petani musnah. Para peneliti dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbanghorti) telah melakukan serangkaian kegiatan penelitiannya tentang hama dan penyakit penting tanaman pepaya yang bertujuan untuk lebih mengenali dan sekaligus menentukan cara pengendaliannya.

Ternyata hama yang menyerang tanaman pepaya bukan hanya kutu putih saja, namun juga beberapa kutu sejenis seperti kutu sisik, kutu aphids, tungau, ataupun lalat buah yang sering membuat buah pepaya menjadi busuk. Sedangkan penyakit yang sering menyerang tanaman papaya antara lain busuk akar dan pangkal batang, penyakit layu bakteri.

Para petani sebaiknya mengenali beberapa hama/penyakit penting yang sering menyerang tanaman papaya agar dapat mengendalikannya dengan baik sehingga tidak menimbulkan penyebaran yang lebih luas lagi. Serangan kutu sisik yang berat meningkatkan penguningan dan abnormalitas bentuk daun. Serangan pada batang tanaman muda mengakibatkan mati pucuk, sedangkan pada buah mengakibatkan kegagalan masak terutama pada bagian buah yang terserang.

Informasi tentang pengenalan dan pengendalian hama/penyakit penting tanaman papaya dapat dijadikan bahan pengetahuan bagi petani atau pengusaha yang bergerak dalam bidang agribisnis papaya, agar dapat segera mengambil keputusan untuk menghindari kerugian yang disebabkan oleh serangan hama/penyakit. selengkapnya klik disini

Tidak ada komentar: